Pengalaman Menggunakan Linux sehari-hari

 Hallo semuanya saya hari ini akan membagikan pengalaman saya menggunakan linux pada kegiatan sehari-hari.

Pertama apa sih itu linux ?

Linux adalah jenis sistem operasi komputer yang menggunakan bebas sumber terbuka. Maksudnya apa itu bebas sumber terbuka, Yang di maksud bebas sumber terbuka adalah sistem operasi ini bisa di dapatkan oleh siapapun yang ingin menggunakan nya. Jadi kalian bisa menggunakan nya secara gartis tidak perlu membayar seperti sistem operasi yang lain.

Lanjut ke pengalaman saya menggunakan Linux. Awal mula saya menggunakan linux itu pada saat saya menggerjakan tugas dari guru di sekolah menggunakan Virtualbox. Karena saya masih awal menggunakannya pada saat itu saya belum tau cara menggunakannya. Di jelaskan oleh guru yang mengajar saya pada waktu sekolah itu awalnya belum paham tapi pas saya coba agak lumayan sulit karena biasanya saya menggunakan windows untuk melakukan kegiatan di komputer saya.

Karena tugas nya sudah selesai saya berhenti untuk mempelajari Linux pada waktu sekolah itu. Beberapa bulan kemudian saya disuruh ikut lomba TKJ seluruh kota Bekasi. Pada saat itu saya disuruh mempelajari Linux oleh guru saya untuk lomba nanti. Waktu saat saya mempelajarinya agak lumayan sulit karena pembimbing saya pada saat waktu itu tidak terlalu mengerti soal linux pada akhirnya saya belajar sendiri. 

Dan akhirnya saya lomba dengan pemahaman linux yang masih kecil lah pada saat itu. Setelah lomba nya itu selesai naik lah saya ke kelas 3 SMK dan sudah waktunya memulai PKL. Saya disuruh oleh Kaprog saya untuk PKL di sebuah perusahaan yang menyediakan jasa yang berkaitan dengan linux.

Disitu saya disuruh oleh pembimbing saya install linux di komputer saya dengan menggunakan dual boot. Saya mencoba dan berhasil dimulai dari situ saya menggunakan linux sehari hari saya walaupun sering ganti ke windows lagi. Lumayan susah awal awal saya mencoba linux di komputer saya karena bukan di aplikasi lagi seperti virtualbox. Tapi lama kelamaan lumayan enak menggunakan Linux di komputer.

Lebih ringan dan walaupun interface nya tidak mudah dipahami seperti windows tapi lama kelamaan lumayan bisa. Disitu saya mulai memahami bagaimana cara mengoprasikannya. Mulai belajar bagaimana caranya dan mendalaminya. Agak lumayan susah mempelajari nya karena sebagian besar yang membuat materi tentang linux itu mennggunakan bahasa inggris karena itu yang paling lengkap.

Itu saja dari pengalaman saya karena baru awal saya mempelajari linux ini banyak yang perlu saya pelajari lagi tentang linux.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *