Pernah nggak kalian nemuin kasus di mana seorang pengguna merasa email penting nggak ada di inbox, padahal setelah cek log Carbonio, email tersebut tertera sebagai terkirim? Nah, ini biasanya terjadi karena sistem deduplikasi yang ada di server Carbonio LMTP.
Penyebab Masalah:
Misalnya, di log Carbonio tercatat seperti ini:
May 14 15:11:47 carbonio-mta-ext amavis[2674835]: (2674835-14) Passed SPAMMY {RelayedTaggedInbound}, [208.53.48.218]:12866 [140.213.255.19] someuser@acme.biz -> admin@example.com, Queue-ID: E532C381281, Message-ID: , mail
Namun, ketika kita cek log mailbox untuk pengguna yang terkena dampak, bisa terlihat entri seperti ini:
2025-05-14 10:17:19,279 INFO [LmtpServer-69] [name=admin@example.com;mid=798;ip=10.100.11.124;] lmtp - Not delivering message with duplicate Message-ID
Kenapa Bisa Terjadi?
Intinya, email ini pertama kali dipindai oleh Amavis dan ditandai sebagai spammy (terdeteksi sebagai spam), namun tetap diteruskan dengan tag RelayedTaggedInbound. Kemudian, email tersebut dikirim ulang dengan Message-ID yang sama.
Masalah Utama:
- Carbonio LMTP memiliki mekanisme deduplikasi. Jika pesan dengan Message-ID yang sama sudah terkirim, pesan yang baru dengan Message-ID sama akan diblokir, agar pengguna nggak menerima email yang sama berulang kali.
- Akibatnya, pengguna cuma bisa melihat email pertama yang diterima. Jika email tersebut dipindah ke folder Spam atau di-quarantine oleh aturan lain (misalnya di client email), pengguna bisa merasa email tersebut nggak pernah masuk.
Cara Menyelesaikan Masalah Ini:
- Cek Log
- Periksa log untuk pengguna yang terkena masalah.
- Kalau kamu nemuin entri seperti ini:
Not delivering message with duplicate Message-ID, itu berarti email tersebut dianggap duplikat.
- Cek Folder Spam
- Karena email tersebut ditandai sebagai spam, kemungkinan besar email itu sudah dipindahkan otomatis ke folder Spam atau Junk.
- Opsi Perubahan Konfigurasi
- Kalau kalian ingin Carbonio LMTP mengirimkan semua email tanpa memeriksa Message-ID duplikat, kalian bisa melakukan perubahan konfigurasi dengan cara:
- Cek ukuran cache deduplikasi zimbraMessageIdDedupeCacheSize:
carbonio prov gcf zimbraMessageIdDedupeCacheSize - Untuk menonaktifkan deduplikasi dan memungkinkan semua email dikirim, set zimbraMessageIdDedupeCacheSize menjadi 0:
carbonio prov mcf zimbraMessageIdDedupeCacheSize 0
- Cek ukuran cache deduplikasi zimbraMessageIdDedupeCacheSize:
- Kalau kalian ingin Carbonio LMTP mengirimkan semua email tanpa memeriksa Message-ID duplikat, kalian bisa melakukan perubahan konfigurasi dengan cara:
Kesimpulan
Perilaku ini sebenarnya normal dan membantu mencegah email duplikat. Kalau email yang hilang adalah email yang penting, coba cek folder Spam dulu. Jika memang perlu, admin bisa menyesuaikan atau menonaktifkan deduplikasi dengan mengubah pengaturan zimbraMessageIdDedupeCacheSize.
Dengan langkah-langkah ini, kalian bisa memastikan email yang terdeteksi sebagai duplikat tetap sampai ke pengguna, meskipun itu bisa berisiko mengirimkan beberapa salinan email yang sama.