Hallo semuanyaaa, kembali lagi dengan saya hehe. Di tulisan kali ini saya ingin memberi tahu nih kepada kalian semua bagi yang mau beli ssd atau upgrade ssd dan kalian tidak mau install ulang windows atau tidak mau pindahin satu satu file nya dari ssd satu ke yang lain.

Sebenarnya sih ini tutorial buat saya sendiri hehe biar nggak lupa. Nah untuk cara nya disini saya menggunakan aplikasi yang bernama Easeus Backup Software.

Nah untuk pertama kalian tentu harus punya yang namanya itu ssd baru dan ssd yang kalian mau clone isi systemnya. Sama satu lagi kalian harus punya pc/laptop sebagai perantara nya.

Untuk langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah install aplikasi Easeus yang bisa kalian install di web resmi nya.
  • Langkah kedua, kalian pasangkan ssd baru ke komputer atau laptop kalian (jangan dibuat partisi).
  • Langkah ketiga, Sesudah kalian buka aplikasi nya kalian bisa pergi ke menu clone.
  • Jika sudah kalian bisa pilih yang full clone untuk mengklonning semua isi dari ssd lama kalian. (pastikan ssd baru lebih besar dari yang lama).
  • Oke jika sudah kalian nanti akan pilih target nya. Pilih target nya ke ssd yang baru dan procced.

Tunggu hingga clonning selesai.

Note: Jika kalian tidak punya slot lagi untuk ssd yang baru kalian bisa pake caddy ssd untuk menghubungkan nya.

Oke jika proses sudah selesai kalian bisa masuk ke bios dan ganti boot options ke ssd yang tadi baru di clonning. Jika kalian malas masuk bios kalian bisa lepas saja ssd lama. Habis itu nyalakan dengan ssd baru yang terpasang.

Nantinya kalian akan mendapatkan blue screen yang mendapatkan pesan bahwa system operasi kalian error. Kalian bisa ikuti instruksi dan perbaiki. Nantinya sistem operasi akan memperbaiki dengan sendiri dan kalian bisa login dengan akun yang sama. Oke mudah bukan, dengan cara ini kalian tidak perlu repot repot lagi untuk install ulang dan mindahin data nya dengan manual.

Oke sampai sini saja dahulu sampai jumpa pada blog tulisan selanjutnya. Bye bye


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *