Halloooo semuanya, kembali lagi nih sama saya hehe. Jadi waktu liburan saya iseng iseng mengeksplor github tepatnya itu hari sabtu pagi pas baru bangun. Saya menemukan yang namanya ani-cli. Saya penasaran ani-cli ini apa ya, setelah di baca baca ternyata ani-cli ini itu dia kaya script bash untuk nonton anime. Tadinya saya agak bingung, waktu saya coba ternyata bisa.

Nah untuk kalian yang mau coba coba nih, saya kasih tau caranya. ani-cli ini hampir bisa di semua os, bahkan di Steam Deck juga bisa loh. Oke langsung aja ke caranya. Untuk caranya sih simple ya tidak butuh effort yang gede. Kalau kalian ingin menggunakan ani-cli ini di Linux kalian bisa ikuti cara ini.

Cara pertama kita akan coba install di Linux, disini saya menggunakan OS ubuntu 22.04. Caranya kalian tinggal ke terminal kalian dan jalankan perintah ini.

# apt install ani-cli

Jika package nya nggak ada kalian bisa coba install dari source nya dengan cara ini.

# git clone "https://github.com/pystardust/ani-cli.git"

Lalu kalian copy ke path /usr/local/bin dengan perintah berikut.

# cp ani-cli/ani-cli /usr/local/bin

Sehabis itu kalian hapus file yang aslinya dengan perintah berikut.

# rm -rf ani-cli

Nah sampai sini kurang lebih sudah keinstall ani-cli nya tetapi kita harus install dependencies nya untuk nantinya ani-cli ini bisa berjalan dengan lancar.

Jalakan perintah berikut untuk install dependencies nya.

# apt install grep sed curl mpv yt-dlp ffmpeg fzf ani-skip(optional) patch

Oke sudah deh, kalian bisa langsung jalankan perintah nya menggunakan perintah.

# ani-cli

Nah kalian bisa ketik nama anime nya anime apa. Judul nya saja cukup. Disini saya coba pengen cari anime yang namanya maou

Nah setelah itu muncul semua deh anime yang ada kata maou nya, jadi kalian tidka usah ribet ribet ngetik full judulnya. Ya jadi seperti itu nah jika kalian ingin menggunakan ani-cli ini di Windows.

Ada dua cara yaitu menggunakan wsl atau memakai git bash. Tapi saya sarankan menggunakan wsl saja karena lebih mudah. Tapi kalian harus sudah install mpv atau vlc untuk menjalankan anime nya. Perlu diingat harus install di windowsnya bukan di wsl dan untuk installasi di wsl kurang lebih sama dengan yang ada di ubuntu.

Oke jadi seperti itu saja sampai jumpa di blog selanjutnya bye bye.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *