Docker Basic

Hallooo semuanya kembali lagi di tulisan ini. Di tulisan sebelum sebelumnya kita sudah membahas nih apa sih itu Docker dan bagaimana dia bisa se powerfull itu. Ditulisan kali ini saya ingin membahas apa sih command yang biasanya di pakai untuk menjalankan Container dan bagaimana kita memanage container tersebut

Docker run

Oke kita mulai dengan command yang sederhana yang tidak perlu ribet untuk membuat container. Command nya yaitu:

# docker run

Nah perintah ini sebenarnya perintah sederhana untuk kalian yang tidak mau ribet ribet buat container. Kalian tinggal tambahkan saja di depan command nya itu nama image nya contoh nya seperti ini:

# docker run ubuntu

Nah jika kalian menjalankan perintah yang di atas, nantinya kalian akan membuat sebuah container yang berbasis ubuntu. Jadi ibaratkan kalian ngebuat OS di atas OS. Kalian bisa ganti apa saja pada command ubuntu itu. Kalian bisa ngebuat apa saja dengan container web server, aplikasi dan lain lain. Tetapi tidak memakai command yang di atas ya karena itu hanya command sederhana saja.

Docker PS

Nah selanjutnya kita ke command docker ps. Command ini tuh gunannya untuk melihat container yang jalan atau mati. Tetapi jika kalian hanya menjalankan command docker ps saja tidak menambahkan parameter -a. Nantinya yang muncul hanya container yang jalan saja seperti ini.

Nah bisa dilihat di atas pada saat saya melihat container tanpa parameter -a. Yang di tampilkan hanya yang jalan. Jika kita jalankan docker ps menggunakan paramter -a. Maka akan jadi seperti ini.

Nah bisa dilihat itu dengan menjalankan perintah itu dengan parameter -a kita bisa melihat container yang mati dan yang sedang jalan.

docker image

Nah kita lanjut ke docker image. Sedikit penjelasan, docker image ini adalah inti dari container. Yang membuat container jalan itu adalah image nya. Seberapa penting sih image bagi container. Bisa di bilang image ini penting banget dalam membuat container. Soalnya image ini seperti jantung nya container yang membuat container jalan.

Nah selanjutnya bagaimana sih cara kita untuk mendapatkan image nya yang pertama kalian harus jalankan command berikut:

# docker pull (nama-image)

Nah untuk docker image nya ini kalian bisa menuju docker hub dengan link berikut: Docker Hub

Docker hub ini seperti repository bagi si docker, yang dimana isinya itu semua image yang sudah di buat oleh Docker itu sendiri atau oleh orang lain yang push image mereka dari local ke Docker hub. Nah menarik bukan, kalian tidak hanya bisa mengambil image saja tetapi kalian juga bisa membuat image dan di share ke orang orang.

Untuk nantinya saya akan buatkan bagaimana cara ngebuat Docker image di tulisan sealnjutnya.

Oke sepertinya itu saja dahulu untuk tulisan hari ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di blog selanjutnya bye bye.


One response to “Docker Basic”

  1. zaidan Avatar

    Tambahin bang cara install Dockernya pake perintah apa aja. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *