Halloo semuanya, kembali lagi yawww. Pada tulisan kali ini saya ingin memberi tahu kalian bagaimana sih cara nya untuk membuat Virtual Machine pada VMWare ESXI. Nah bagi yang belum tau apa itu VMWare ESXI, jadi sederhananya VMWare ini merupakan sebuah server yang dimana gunanya untuk membuat Virtual Machine. Sama seperti Virtual Box pada Windows, tetapi ESXI ini merupakan sebuah server vm yang berdiri sendiri jadi tidak seperti Virtual Box yang dimana kita harus menginstall dia dan membagi resource bersama dengan komputer kita.

VMWare ESXI ini di install pada server yang ada atau komputer yang dimana dia menggunakan 100% resource untuk membuat Virtual Machine dan kita mengakses nya melalui Web Browser menggunakan ip. Biasanya VMWare ESXI ini digunakan oleh perusahan perusahan besar untuk membuat server mereka sendiri atau aplikasi mereka.

Nah jadi kurang lebih seperti itu untuk pengertian atau penjelasan apa itu VMWare ESXI. Nah jadi ditutorial kali ini saya ingin menunjukan bagaimana sih cara membuat Virtual Machine pada VMWare ESXI.

Oke langsung saja, kita akan membuat VM untuk installasi windows 10 sebagai contoh.

Login ke server VMWare ESXI menggunakan web browser

Setelah login nantinya tampilannya akan seperti ini lalu pilih ”Create/Register VM”

Lalu Pilih ”Create a New Virtual Machine” dan pilih “Next”.

Setelah pilih Next, isi pada nama VM nya sesuai kebutuhan kalian. Pada bagian ”Compability” isi dengan versi VMWare yang didukung. Pada ”Guest OS” kita pilih windows dan pada ”Guest OS Version” Pilih Windows 64bit dikarenakan kita menggunakan architecture 64bit. Lalu next.

Pada bagian ”Select Storage” kita pilih tempat untuk menaruh data vm nya ada dimana. Lalu Next.

Pada bagian ”Customize Settings” disini kita akan mensetting Spec dari Windows. Mengacu pada rekomendasi kita akan menggunakan 2vCPU, 8GB ram, 100GB Storage.

Setelah itu kita akan memasukan ISO pada VM kita, bisa pilih pada bagian CD/DVD dan cari ISO Windows 10.

Setelah sudah bisa next dan kalian akan melihat detail dari spec VM yang tadi kita buat lalu finish

Nah jadi seperti itu kurang lebih, mungkin di next tulisan kita akan menginstall Windows 10 untuk tau bagaimana sih caranya install Windows atau OS lain di Virtual Machine yang kita buat.

Nah sebelum mengakhiri tulisan ini mungkin saya ingin memberi tahu kalian bahwa selain VMWare ESXI ada juga server virtualisasi yaitu Proxmox nah bagi kalian yang ingin tau apa itu proxmox kalian bisa kunjungi tulisan berikut:

Di situ adalah blog rekan saya yang dimana dia itu ngebahas semau tentang proxmox.

Ya jadi seperti itu saja sampai jumpa pada tulisan selanjutnya bye bye.


One response to “Cara Membuat VM Pada VMWARE ESXI 6.7”

  1. zaidan Avatar

    Lah ada tulisan gw itu bang wkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *